by

Waspadai Beberapa Penyakit dan Gejala Jantung Koroner

Gejala jantung koroner adalah salah satu kondisi yang menyebabkan pembuluh darah jantung (arteri koroner) mengalami penyumbatan yang ditimbulkan oleh adanya timbunan lemak. Apabila lemak dalam tubuh semakin menumpuk, hal ini akan berakibat pada arteri yang semakin sempit. Dan yang paling fatal adalah akan membuat aliran darah ke jantung menjadi semakin berkurang.

Proses aliran darah ke jantung yang semakin berkurang memang dapat memicu adanya penyakit atau serangan jantung koroner. Seperti contohnya yaitu angin dan sesak napas. Apabila kondisi tersebut tidak langsung mendapatkan tindakan medis yang tepat dan cepat maka akan menjadi salah satu timbulnya serangan jantung yang merupakan salah satu penyakit mematikan yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.

Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa menyebabkan munculnya jantung koroner:

  • Rokok

Rokok adalah salah satu faktor utama yang bisa menjadi penyebab munculnya jantung koroner. Kandungan nikotin serta karbon monoksida yang ada di dalam asap rokok dipercaya dapat membebani kinerja jantung. Hal ini juga memacu jantung untuk bekerja lebih cepat. Dari dua senyawa tersebut juga bisa menjadi penyebab munculnya atau terjadinya resiko penggumpalan darah.

  • Diabetes

Penyakit ini sebagai salah satu penyebab adanya penebalan pada pembuluh darah yang akan berakibat pada aliran darah menjadi tersumbat dan tidak lancar. Bila hal tersebut terjadi di arteri akan membuat darah yang mengalir ke jantung semakin terhambat dan resiko terkena serangan jantung koroner semakin tinggi.

  • Hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi memang dipercaya mampu untuk membuat jantung menjadi semakin keras untuk bekerja. Salah satu dari pemicu penyakit ini adalah sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi.

  • Kolesterol tinggi

Kita tahu bahwa kolesterol memang terbagi menjadi dua, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol jahat inilah yang kemudian mengalami penumpukan di dinding arteri dan akan menjadi pemicu penyempitan dinding arteri. Hal inilah yang menjadi penyebab munculnya penyakit serangan jantung koroner.

Selain beberapa penyebab di atas ada juga beberapa hal yang menjadikan atau pemicu serangan jantung koroner. Salah satunya adalah kurangnya aktivitas gerak. Seseorang yang tidak banyak melakukan gerak atau kurang olahraga memang akan lebih mudah terserang berbagai macam penyakit tidak hanya serangan jantung koroner saja. Selain itu penyebab lain yaitu seperti pola makan yang tidak sehat dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan junk food serta obesitas juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jantung koroner.

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting. Maka dari itu , mulai sekarang cobalah untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mulai menerapkan pola hidup sehat dalam diri Anda. Anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan serta cukup istirahat. Anda juga bisa melakukannya dengan olahraga secara rutin dan jika perlu Anda juga bisa melakukan medical checkup untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda.

Gejala jantung koroner memang sangat mudah untuk dikenali. Apabila Anda sudah di diagnosis oleh dokter memiliki penyakit tersebut, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih dan mengkonsumsi makanan yang akan Anda makan. Hal ini dikarenakan penyakit tersebut bisa memicu adanya serangan jantung yang mungkin bisa kapan saja dan dimana saja serta efeknya juga sangat menakutkan yaitu dapat menyebabkan kematian.

Comment

News Feed