by

Tips dan Cara Membentuk Otot Sayap

Bagi sebagian orang, alas an utama pergi ke pusat kebugaran selain menurunkan berat badan ialah mendapatkan penampilan yang lebih ideal, salah satu bagian tubuh yang turut meningkatan kekuatan dan penampilan adalah otot sayap atau otot latissimus dorsi (lats), otot sayap yang terlatih sempurna akan membentuk tubuh bagian atas anda seperti hurus V. otot sayap letaknya dibawah ketiak  dan berada dibagian punggung tengah serta beberapa otot lainnya, untuk melatihnya ada berbagai tekhnik yang bisa kita lakukan yaitu : pull up, pull down, one-arm dumbbell row dan beberapa tekhnik lainnya.. agar pembentukan otot sayap efektif sebaiknya pelajari dulu cara membentuk otot sayap.

  1. Chin up

Untuk melakukan ini bisa menggunakan berbagai macam kelebaran tangan, dengan semakin menyempitnya pergelangan tangan, maka akan banyak otot bicep yang terlatih, pada dasarnya akan melakukan chin up akan banyak melatih otot bagian bicep dan dada, namun secara bersamaan bisa membuat otot terlatih, namun keberhasilanya otot dada dan otot bicep. Ada beberapa poin dalam latihan iniotot yang akan terbentuk

  1. Pull up

Jika tadi membahas tentang manfaat yang di dari latihan chin-up, dengan melakukan latihan ini memiliki tingkat yang lebih serius lagi dalam membangun otot punggung, karena latihan inilebih banyak menggunakan otot dibagian punggung.

Untuk melakukan latihan ini bisa dilakukan dengan  memposisikan tangan selebar baso, tidak lebih lebar atau sempit, jika melakukan latihan pull up dengan melebarkan bar pegangan tangankurang bagus juga untuk kesehatan, selain itu pergerakan repetisi yang dilakukan akan terbatas dan otot sayap menjadi kurang terlatih.

Jika belum memiliki otot yang mampu menopang latihan pull-up ini sebaiknya jangan memaksakan karena bisa membuat cidera karena beban yang diangkat cukup besar

  1. Inverted row

Jika kalian masih keberatan untuk melakukan pull up, karena otot lengan dan lainnya belum mampu menahan beban yang terlalu besar bisa dengan latihan inverted row.

Inverted row ini bisa dibilang versi mudah pull up, pergerakannya pun hampir sama yang berbeda hanya bebannya tidak seberat latihan pull up dan dengan posisi kaki menyentuh lantai

  1. Menggunakan dumbbell

Untuk membentuk otot punggung bisa dengan menggunakan dumbbell, cukup mengambil posisi duduk dan mengangkat beban dumbbell menyamping ke kanan sehingga genggaman dumbbell sejajar dengan bahu.

Makanan yang dikonsumsi bisa di ibaratkan dengan bahan baku untuk membangun massa otot  di dalam lengan dan dada terdapat nutrisi seperti lemak,kalori dan protein di dalamnya ketika diolah melalui latihan yang dilakukan , maka akan terbentuk dengan cepat , disaat melakukan olah raga yang terfokus disekitar punggung dengan repetisi latihan yang dilakukan, maka nutrisi yang terdapat dalam tubuh kita akan di salurkan melalui alairan darah menuju otot, semakin sering melalkukan latihan disekitar punggung dan nutrisi untuk membangun massa ototnya tercukupi, maka lambat laun bentuk otot yang sedang dibangun akan terlihat.

Untuk menghindari kerusakan sel otot yang rusak dari hasil latihan, bisa dengan mengatasinya dengan cara mengkonsumsi makanan yang tinggiakan protein dan lain sebagainya.kita bisa mengkonsumsi daging merah, dada ayam, whwy protein, putih telur rebus, dan makanan lainnya yang mengandung protein. Karena protein memiliki manfaat yang dapat membantu untuk merecovery otot yang rusak dan membangun massa otot.

Sekian informasi tentang tips dan cara membentuk otot sayap semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

Comment

News Feed