Tips Agar Tidak Grogi Saat Presentasi Menggunakan Bahasa Inggris

Bisnis3 views

Merasa grogi dan khawatir ketika akan mulai membawakan presentasi tentunya hal wajar. Apalagi jika presentasi menggunakan bahasa Inggris, karena memikirkan bagaimana tatanan kata, grammar, dan sebagainya. Agar ketika presentasi bahasa Inggris kamu tidak terlalu grogi, berikut ini beberapa tips yang bisa disimak.

1. Mempersiapkan bahan presentasi

Hal pertama tentunya adalah mempersiapkan bahan presentasi dengan baik. Kamu harus memahami isi presentasi yang akan dibawakan dengan baik. Dengan penguasaan materi kamu akan lebih percaya diri dan enjoy sehingga dapat berbicara dengan lebih lancar. Tulis materi yang ingin kamu sampaikan berupa poin-poin yang akan kamu tulis dalam slide.

2. Latihan

Kemudian yang harus dilakukan adalah berlatih, meskipun kamu telah menguasai materi tetapi latihan tetap diperlukan. Kamu bisa berlatih dengan menggunakan stopwatch agar bisa mengetahui durasi presestasimu. Dengan begitu kamu bisa memperkirakan apakah presentasi tersebut terlalu sebentar atau terlalu lama yang membuat para audiens bosan. Waktu penyampaian ideal 1 slide adalah 1-2 menit.

Setelah latihan berbicara, kamu juga perlu berlatih eye contact saat presentasi. Melakukan eye contact dapat membuat lebih tenang karena bisa melihat reaksi audiens. Tak lupa memberikan senyuman ramah agar memberikan interaksi yang baik.

Penampilan

Jangan lupa memberikan penampilan diri yang menarik. Selain fokus pada materi, kamu perlu memperhatikan bagaiman penampilan saat membawakan presentasi. Penampilan bukan saja soal rupa fisik tetapi juga kesehatan. Kondisi yang sehat, prima, dan semangat sangat menunjang presentasi. Mengenakan pakaian yang rapi dan menarik akan membuat audiens tertarik.

Selain kalimat ada juga beberapa kata yang sering diucapkan seperti ensure, disclose, manage, achive, dan lain-lain. Kata approve juga sering digunakan, approve artinya “menerima” atau “menyetujui”. Kata ini sering digunakan dalam presentasi bisnis misalnya dalam presentasi kerjasama dengan klien atau sebagainya. Ketahui lagi banyak kosa kata dan kalimat yang digunakan dalam pekerjaan atau dunia profesional dengan mengikuti kursus bahasa Inggris di EF Adults. Kamu bisa belajar agar dapat melakukan presentasi ataupun bekerja dengan lebih percaya diri menggunakan bahasa Inggris. Segera bergabung di EF Adults ya!