by

Tanya Dokter Mata Mengenai Penyebab Mata Merah

Mata merupakan organ penting manusia dan menjadi panca indra. Mata memiliki bagian-bagian penting yang jika tidak dijaga dapat menyebabkan masalah mata. Beberapa masalah mata dapat diatasi tanpa tanya dokter mata tetapi beberapa masalah mata seperti ablasio, blefaritis, dan endoftalmitis perlu ditangani untuk tidak membuat mata semakin bermasalah atau menjadi rusak.

Berikut adalah cara menjaga kesehatan mata diantaranya:

  • Merawat mata dengan menjauhkan pandangan dari objek layar TV maupun gadget dan ketika membaca buku, setidaknya berjarak 2 meter dari layar tv yang lebar dan sebaiknya menggunakan penerangan yang cukup jika akan membaca dan tidak disarankan untuk membaca sembari tidur.
  • Tidak terlalu berada lama didepan komputer dan gadget, setidaknya berikan mata beristirahat selama 30 menit atau sejam berada depan layar dengan berjalan selama 5 atau 10 menit sehingga akan membuat mata tidak kering atau sesekali mengalihkan pandangan mata keluar ruangan, dapat juga menggunakan layar tambahan sehingga mata tidak akan cepat lelah terutama dengan mengatur refresh rate yang tinggi.

Selain itu, hindari untuk menggosok mata dengan cara yang kasar apabila terdapat benda asing yang masuk dalam mata, sebaiknya gosoklah dengan hati-hati. Untuk menjaga mata dapat menggunakan kacamata sehingga akan terhindar dari cahaya matahari secara langsung terutama UV penyebab penurunan penglihatan dan katarak, sebaiknya menggunakan kacamata dengan lensa gelap yang membuat UV 100% dapat tersaring dan dapat juga menggunakan topi ketika berada diluar ruangan. Penuhi juga asupan vitamin A yang utamanya diperoleh dari wortel, tomat, alpukat, pepaya dan membuat mata jauh lebih sehat. Dapat juga mengonsumsi sayuran brokoli, bayam atau sayuran lutein dan zeaxanthun untuk mengurangi resiko gangguan pada retina.

Untuk menjaga kesehatan mata cukupi asupan antioksidan yang diperoleh dari ceri, jeruk, berry dan plum sehingga akan meminimalkan kerusakan pada mata karena adanya radikal bebas dan mengurangi pengerasan pada lensa mata, dikonsumsi 2 porsi selama satu hari. Perlu juga mengonsumsi asam lemak omega 3 yang ditemukan di ikan sehingga akan memberikan perlindungan pada lensa mata dan sebaiknya mengurangi makan daging merah yang dapat meningkatkan gangguan mata ketika memasuki usia tua. Penuhi vitamin untuk merawat maya dengan konsumsi vitamin B12, B6, vitamin C dan E serta mineral untuk memperlambat terjadinya penurunan gangguan pada mata.

Salah satu penyakit mata yang dirasakan adalah mata merah, berikut penyebabnya:

  • Mata kering dimana air mata tidak dapat mencukupi kebutuhan air mata yang dapat mengairi dan menyehatkan mata secara kuantitas dan kualitas.
  • Alergi terhadap zat asing seperti debu, bahan kimia, bulu hewan dan serbuk sari dapat juga dikarenakan lensa kontak sehingga akan melepaskan histamin yang memberikan respon inflamasi.
  • Kontak lensa yang tidak tepat dapat menjadi penyebab adanya mikroba pada mata sebaiknya tidak sering menggunakan lensa kontak karena membuat oksigen berkurang untuk kornea dan membatasi produksi aliran air mata secara normal.

Berdasarkan tanya dokter mata jika mata merah maka dapat disebabkan oleh sindrom penglihatan komputer terlalu lama yang membuat mata mengering terutama jika memiliki layar terang. Dapat juga terjadi karena cedera mata yang membuat aliran darah terlalu banyak ke area cedera sehingga pembuluh darah melebar pada mata perlu menemui dokter untuk penyembuhannya. Mata merah bukanlah hal yang biasa karena jika dibiarkan mitosnya dapat menyebar ke orang lain dan mengganggu aktifitas dalam melihat.

Comment

News Feed