by

Perbedaan Asuransi Mobil dengan Garansi Beli Mobil Bekas

-Otomatif-105 views

Sekarang ini masih banyak sekali orang yang masih menganggap asuransi pada mobil itu adalah hal yang sama saja. Ya, di sini memang ke duanya memberikan keuntungan yang sama yang membuat pemilik mobil merasa aman. Tapi, di sisi lain, keduanya berbeda dalam beberapa hal.

Saat terjadi risiko terhadap mobil yang dapat menyebabkan mobil tersebut rusak, maka kedua jenis perlindungan ini dapat dijadikan pilihan. Akan tetapi perlu diketahui terlebih dahulu penyebab dan dari risiko apa yang terjadi, karena ini berpengaruh pada pilihan perlindungan mana yang me-covernya.

Misalnya, Kalian terlibat kecelakaan dalam mengemudikan mobil yang mengakibatkan mobil menabrak pembatas jalan sehingga bodi sisi kiri mobil rusak. Maka, pilihan perlindungannya adalah asuransi mobil.

Lalu bagaimana jika mobil rusak tanpa adanya kecelakaan? Misalnya tiba-tiba saja mesin mobil tidak mau menyala saat Kalian akan berangkat ke kantor. Klaim ke Asuransi apa Garansi Beli Mobil Bekas dan mobil bekas bandung? Simak Ulasan berikut.

Pengertian Asuransi dan Garansi Mobil

Asuransi

Bentuk perlindungan finansial yang diberikan oleh suatu perusahaan asuransi di mana orang yang mengajukan asuransi bertindak sebagai tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Garansi

Bentuk penjaminan yang diberikan oleh perusahaan produsen terhadap barang atau produk yang diproduksi dari kesalahan pekerja dan kegagalan bahan dalam jangka waktu tertentu, biasanya 3-5 tahun.

Cara Mendapatkan Perlindungan

Asuransi

Mendaftar ke perusahaan asuransi

  • Perlindungan dari asuransi didapatkan setelah Kalian membelinya di perusahaan asuransi, dengan membayar premi setiap tahunnya.
  • Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memilih perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan seperti yang diinginkan, kemudian baru ajukan aplikasinya ke perusahaan tersebut.

Garansi

Langsung didapatkan saat membeli mobil baru

  • Perlindungan dari garansi didapatkan langsung saat Kalian membeli mobil.
  • Biasanya suatu perusahaan mobil akan memberikan suatu formulir yang harus di isi berdasarkan data diri dan nota pembelian mobil untuk mendaftarkan garansi Kemudian, Kalian akan mendapatkan kartu garansi yang dipakai untuk klaim nantinya.

Perlindungan Apa Saja yang Didapatkan?

Asuransi

Perlindungan All Risk dan Total Loss Only (TLO)

  • Mempunyai 2 jenis asuransi adalah total loss only dan all risk
  • All risk merupakan yang akan menanggung semua resiko yang terjadi kepada mobil mulai dari kerusakan ringan sampai dengan kerusakan berat dan kehilangan. Selain itu, terdapat perluasan dalam perlindungan asuransi yang bisa dijadikan pilihan tambahan seperti perlindungan dari kerusuhan huru-hara, bencana alam, terorisme, sabotase, cedera badan atau kematian terhadap penumpang, tanggung jawab penumpang serta tanggung jawab pihak ketiga
  • Total Loss Only (TLO) adalah hanya dapat menanggung untuk kerusakan mobil parah yang menyebabkan mobil rusak hingga 75 persen dan juga menanggung kehilangan mobil

Garansi

Perlindungan terhadap Mesin dan Suku Cadang

  • Memberikan gratis perawatan untuk beberapa waktu tertentu yang mencakup gratis servis ringan, ganti oli dan sebagainya.
  • Tidak berlaku seperti bahan yang habis jika dipakai contohnya kopling, baterai atau aki, ban, kampas rem dan masih banyak lagi.
  • Tidak menanggung risiko kehilangan.

Biaya yang Dibutuhkan

Asuransi

Biayanya beragam

  • Biaya yang dibayarkan dalam asuransi disebut premi yang nantinya akan dibayarkan dalam jangka waktu tertentu, misalnya perbulan atau pertahun.
  • Faktor yang mempengaruhi besaran premi asuransi yaitu, jenis asuransi, perluasan asuransi dan kebijakan perusahaan asuransi.
  • Jangka waktu bisa diatur, sesuai kesepakatan yang tertulis dalam polis asuransi.

Garansi

Gratis

  • Tidak usah lagi biaya tambahan untuk mendapatkan garansi karena pada saat membeli mobil garansi sudah bisa dinikmati
  • Jangka waktunya sekitar 3 sampai 5 tahun.
  • Banyak perusahaan juga sudah mempunyai fasilitas untuk memperpanjang masa garansi. Tentu saja untuk menikmati perpanjangan fasilitas purna jual ini Kalian dikenakan biaya tambahan.

Comment

News Feed