by

Mengenal 5 Jenis Pisang yang Populer di Indonesia

Pisang memang menjadi salah satu buah yang selalu ada pada setiap musim buah yang ada di Indonesia. Diperkirakan setidaknya terdapat kurang lebih 246 jenis pisang yang dapat kita coba, baik dengan cara memakannya langsung atau mengolahnya menjadi kudapan yang lezat. Soalnya, pisang bukan hanya memiliki rasa yang lezat, melainkan juga ada kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Lantas, apa saja sih jenis pisang yang biasanya kita temui di pasaran? Simak penjelasan mengenai 5 jenis pisang berikut ini ya!

1. Pisang Raja

Pisang yang satu ini memiliki rasa yang manis serta aroma yang khas dan harum. Pisang raja sendiri termasuk sebagai salah satu jenis pisang lokal yang rasanya spesial serta dijual dengan harga yang menarik. Untuk ukurannya sendiri pisang ini cenderung sedang dengan kulit buah yang relatif tebal serta berwarna kuning hingga jingga ketika sudah matang. Ada sedikit corak kehitaman serta rasa khas yang manis. Bukan hanya itu saja, pisang saja juga memiliki aroma yang harum sehingga dapat dimakan langsung atau diolah dulu.

2. Pisang Cavendish

Pisang cavendish merupakan salah satu pisang yang berhasil menjadi barang ekspor dan memiliki nilai jual yang tinggi. Soalnya, pisang cavendish memiliki buah yang berbentuk melengkung. Panjangnya berada pada kisaran 14-15 cm serta kulit buahnya kuning mulus. Saat sudah matang, kulitnya juga akan bersih sehingga banyak yang mengira bahwa pisang cavendish merupakan produk yang berasal dari luar negeri. Padahal sebenarnya, pisang yang satu ini merupakan pisang lokal asli Indonesia. Bahkan, budidaya terbesar pada pisang cavendish ini ada di Lampung loh!

3. Pisang Susu

Sekilas, kita mungkin akan kesulitan untuk membedakan antara tekstur pisang susu dan pisang cavendish. Soalnya, kedua jenis pisang ini memang memiliki tekstur yang mirip. Akan tetapi, pisang susu cenderung memiliki ukuran yang paling kecil apabila kita bandingkan dengan pisang jenis lain. Sementara itu, kulit buah pisang susu juga tipis dan berwarna kuning cerah. Ada bintik coklat kehitaman serta bentuk melengkung tanpa siku pada buahnya. Untuk cita rasanya sendiri, buah yang satu ini terasa manis serta memberikan sensasi creamy sehingga kerap disebut sebagai pisang susu.

4. Pisang Ambon

Kalau jenis pisang yang satu ini pasti sudah banyak yang familiar. Soalnya, pisang ambon memang bisa kita temui dengan mudah, baik di pasar maupun di toko buah dengan harga yang menarik. Untuk tekstur buahnya sendiri, pisang ambon memiliki tekstur yang lembut, pulen kuning serta terlihat sedikit pucat kemerahan. Berkat tekstur pada pisang ambon inilah yang membuatnya banyak dikonsumsi oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, banyak juga loh yang menjadikan pisang ambon sebagai bahan utama untuk olahan berbagai makanan seperti pancake pisang, kue bolu pisang, dan keripik pisang.

5. Pisang Kepok, Teksturnya Lembut dan Pulen

Nah, kalau pisang kepok pastinya identik dengan ciri khas pada penampilannya, yakni bentuk yang paling lebar dibandingkan dengan jenis pisang lainnya serta memiliki ukuran yang pendek dan pipih. Sementara itu, daging buahnya memiliki tekstur yang terasa keras serta rasa yang sepat. Makanya, kerap pisang kepok digunakan sebagai pakan burung. Kita bisa mendapatkan pisang kepok terbaik hanya di TaniHub yang menyediakan aneka sayur dan buah. Sementara itu, untuk pisang kepok kuning sendiri menjadi salah satu jenis buah yang perlu kita olah sebelum kita makan, misalnya dengan menggorengnya.

Comment

News Feed