by

Memakai Software Akuntansi, Seberapa Banyak Waktu Dihemat?

-Bisnis-82 views

Dalam mengelola keuangan terdapat banyak faktor yang harus diperhatikan karena Anda dituntut untuk memikirkan beberapa instrumen yang harus Anda isi setiap hari. Selain perhitungan, yang harus Anda tahu adalah sistem keuangan bergantung pada detail, konsistensi, dan kecepatan memecahkan masalah. 

Maka dari itu software akuntansi berguna untuk memberikan pengelolaan keuangan yang akurat dan efektif. Dalam menggapai pengelolaan keuangan yang baik Anda terbiasa dengan konsep manual. Sekecil apapun bisnis Anda ketahuilah bahwa kesalahan dapat terjadi kapanpun dan bahkan di hal-hal yang Anda anggap tidak penting. Anda dapat melihat menggunakan software akuntansi berapa banyak waktu yang sebenarnya bisa Anda hemat. 

Faktur Online

Ketika anda memulai karir sebagai seorang freelancer atau entrepreneur, Anda berpikir untuk memulainya dari kecil dan menjadi sampingan saja. Anda melakukannya sampai tidak sadar bahwa sudah cukup banyak pekerjaan yang Anda lakukan atau kalau Anda memiliki bisnis kecil, tidak menyadari sudah berapa modal “coba-coba” yang Anda keluarkan. Anda mengelola keuangan sendiri, dengan mencatat kasar sampai akhirnya memiliki sistem di excel. Membuat faktur lalu menagih dan menyimpan itu semua dengan benar. 

Memang  hal ini masih sangat efektif jika sebulan hanya 2-3 faktur saja, maksimal 5. Tetapi bagaimana jika sudah sampai 10 sampai 20 faktur dalam sebulan. Hal tersebut pastinya akan membuat Anda untuk melakukan kesalahan lebih besar. Anda menyadari bahwa membutuhkan sistem yang lebih baik. Accounting software menjadi jawaban untuk keresahan yang dihadapi. Faktur yang menjadi online untuk menghubungkannya ke klien menjadi lebih cepat. 

Membuat faktur ini memang terlihat mudah tetapi jika dibandingkan membuat faktur cara manual dan dan dengan software akuntansi secara waktu itu ternyata cukup berbeda. dengan manual untuk membuat template, mengubah nomor, mencantumkan tanggal yang tepat Anda bisa menghabiskan sekitar 2-3 menit. 

Tetapi dengan software accounting Anda dapat melakukannya hanya dalam hitungan detik. Karena software akuntansi sudah otomatis akan membuatnya secara profesional. Makin banyak faktor yang Anda kirim, semakin banyak waktu yang ada hemat. 

Pengeluaran dan Pendapatan Tercatat 

Melacak pendapatan dan pengeluaran Anda akan lebih cepat dengan software akuntansi. Bayangkan jika Anda harus khawatir setiap hari membuka laptop dan melihat begitu banyak tabel sambil mengingat-ingat dokumen mana. Belum lagi file salinan kwitansi kertas yang discan dan disimpan sesuai tanggal. Sampai pada akhirnya semakin banyak hal yang terlewat dan tidak terhitung. 

Aplikasi akuntansi akan menghubungkannya ke bank sehingga uang yang masuk dan keluar dari rekening Anda akan otomatis tercatat. Hal ini sangat menghemat waktu Anda tentunya. Tidak perlu memikirkan waktu yang banyak untuk mengetahui pengeluaran setiap harinya.

Pengingat Waktu Pembayaran

Permasalahan pembayaran yang terlambat bukan merupakan hal yang asing. hal ini perlu diantisipasi. mungkin jika hanya ada 2-3 klien dalam satu bulan, tidak apa-apa jika pembayaran terlambat. Tetapi kembali lagi, jika 10 klien ada yang terlambat 1 akan membuat pengelolaan uang Anda terganggu serta waktu yang semakin habis. 

Memakai aplikasi keuangan akan dibantu untuk mengingatkan pembayaran dan Anda dapat langsung mengirimnya dengan hitungan detik ke klien Anda. Semuanya akan langsung tercantum karena dihubungkan dengan bank. Setelah selesai pembayaran pun, kwitansinya langsung otomatis dibuat dan tersimpan.

Software akuntansi online terbaik di Indonesia, Jurnal akan membantu Anda untuk menghemat waktu yang Anda punya. Mengelola keuangan dengan fitur keuangan bisnis terlengkap akan membantu pekerjaan Anda. 

Comment

News Feed