by

Makanan untuk Bau Badan, Biang Kerok Keringat Menyengat

Makanan untuk Bau Badan, bau badang sangat mengganggu rasa percaya diri. Sayangnya bau badan bukan hal yang kita sadari begitu saja. Tapi orang-orang disekitar kita yang bisa menciumnya. Terkadang tidak semua produk deodoroan ampuh untuk menghilangkan bau keringat. Faktor internal juga mempengaruhi bau keringat.

Hanya kita yang bisa mengontrol bau keringat. Sebab makanan dan minuman berpengaruh terhadap bau badan. Percaya atau tidak, keringat juga salah satu kotoran yang dibuang melalui kulit. Maka dari itu menjaga makanan sangat penting agar bau badan tidak mengganggu orang sekitar. Berikut daftar bahan makanan dan minuman yang seharusnya Anda hindari:

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

  1. Kopi

Bagi kopi lovers, mungkin Anda tidak merasakan betapa bahayanya kafein bagi bau badan. Tapi alangkah lebih baik jika mengurangi kopi jika bau badan Anda sudah menyengat, demi menjaga rasa percaya diri. Kopi mampu mengaktifkan kelenjar keringat berlebih, sehingga memungkinkan bakteri berkumpul di kulit Anda.

  1. Daging Merah

Sapi, kambing, dan daging domba memang lezat untuk dikonsumsi. Tapi sebenarnya jika Anda berlebihan mengonsumsi daging merah, bau keringat akan menjadi masalah besar. Karena sistem pencernaan tubuh membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna daging merah, tubuh yang berakselerasi untuk mencerna daging dalam tubuh mengakibatkan keringat berlebih. Saat itulah bakteri tidak bisa dicegah. Maka jika Anda ingin keringat yang tak berbakteri, imbangi konsumsi daging merah dengan serat agar tubuh dapat dengan mudah mencerna makanan.

  1. Alkohol

Minuman beralkohol begitu mudah ditemukan, tapi akan menjadi sangat berbahaya jika terus menerus dikonsumsi. Minuman alkohol sangat mudah merembes ke permukaan kulit melalui sirkulasi darah. Sayangnya minuman alkohol dan sari-sari makanan dari tubuh yang keluar lewat kulit memiliki aroma yang tidak sedap.

  1. Jintan

Bumbu yang sangat enak jika tercampur di dalam gulai ini sebaiknya dihindari jika Anda banyak melakukan aktifitas diluar rumah. Penyedap rasa yang gurih ini dapat bertahan di pori-pori sehingga menimbulkan bau yang aneh. Bahkan penelitian membuktikan bahwa seorang Ibu hamil yang sering mengonsumsi jintan mempengaruhi bau badan bayi yang dilahirkannya.

Makanan yang harus Anda Konsumsi agar Bau Badan tidak Menyengat:

  1. Daun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada air, kangkung dan lobak mengandung klorofil tingkat tinggi. Klorofil dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan yang berbeda, seperti  menetralkan senyawa penyebab bau badan di dalam tubuh.

  1. Makanan kaya serat

Makanan yang tinggi serat antara lain kacang polong, lentil, dan kacang-kacangan. Apa pun sumber gizi harian Anda, pastikan tubuh Anda cukup serat untuk membantu pencernaan, sehingga senyawa bau apa pun dalam makanan Anda diproses lebih cepat dan tubuh tidak berkeringat.

  1. Buah Jeruk

Asam yang terkandung dalam buah jeruk seperti jeruk mandarin, lemon dan grapefruit mendorong aliran air ke seluruh tubuh, yang meminimalkan racun. Jika Anda kekenyangan mengonsumsi jeruk sebagai makanan, tak ada salahnya membuat jus jeruk sendiri untuk menjadi bekal ke kantor.

  1. Teh Herbal

Teh herbal yang mengandung pepermin, meningkatkan fungsi pencernaan sehingga tidak menimbulkan efek buruk bagi metabolisme. Selain teh hijau, teh bunga melati secara aktif dapat membantu Anda mencium aroma yang lebih segar.

Saran kami di atas bukan berarti harus menghindari makanan berdaging merah atau menghindari kopi sama sekali. Tapi uraian yang kami sebutkan diatas merupakan tanda bahwa makanan tersebut sebaiknya dihindari atau mengimbanginya agar Anda tetap merasa nyaman beraktifitas.

Comment

News Feed