by

Langkah Tepat Ketika Mengalami Gejala Gangguan Pendengaran

Banyak gaya hidup atau kebiasaan yang memengaruhi kualitas indera pendengaran kita. Seperti mendengar musik dengan volume kencang hampir setiap hari, tidak memerhatikan kebersihan area telinga, dan banyak lagi. Terdapat ciri ciri gangguan pendengaran yang bida dideteksi sejak dini.

Ciri-ciri atau gejala ini biasanya dirasakan sejak lama, tetapi bisa juga datang secara mendadak. Ketika mengalaminya atau bahkan merasa sudah sering merasakannya dalam beberapa waktu terakhir, lakukan langkah-langkah tepat mendasar untuk mencegah gangguan menjadi lebih parah.

Kenali Gejalanya Lebih Dulu

Banyak sekali ragam gejala gangguan pendengaran yang umum bisa dialami oleh semua usia, beberapa di antaranya berupa:

  • Sering Salah Mendengar Ucapan Dengan Huruf Konsonan Berdekatan

Gejala pertama yang bisa coba mulai diperhatikan adalah ketika Anda terlalu sering salah mendengar huruf-huruf konsonan S, F, P, M, N, T, B, D, dll. Misalnya, ada seseorang yang berbicara mengucapkan kata ‘marah’, tetapi Anda malah mendengar jadi ‘parah’. Sementara orang lain mendengarnya biasa atau sesuai.

  • Sering Gagal Fokus Ketika Berada di Obrolan

Gejala kedua yaitu ketika mulai sering merasa kehilangan fokus dalam obrolan karena tidak mampu mendengar ucapan teman/keluarga dengan jelas. Kehilangan fokus ini biasanya menimbulkan rasa malas untuk mendengar lebih lama dan lebih banyak.

  • Menjawab Pertanyaan yang Tidak Ada Hubungannya

Selanjutnya, terlalu sering menjawab pertanyaan dengan jawaban yang sama sekali tidak nyambung dengan pertanyaan. Bila sekali dua kali, tidak apa-apa. Namun bila terlalu sering atau bahkan hampir tiap hari dan tiap waktu, sudah pasti Anda mengalami gangguan pendengaran.

  • Tidak Sadar Setiap Dipanggil Namanya

Yang keempat, sering tidak sadar ketika dipanggil namanya oleh orang lain meski dalam suasana yang sepi/hening. Padahal Anda sedang tidak dalam kondisi baik-baik saja atau tidak sedang memikirkan hal serius yang mana dari segi konsentrasi dalam keadaan normal.

Langkah tepat mengatasi gejala di atas, coba perbaiki gaya hidup yang dirasa memicu gangguan pendengaran Anda. Kemudian konsultasikan pada dokter ahli bila memang tidak juga membaik atau kondisi makin parah. Anda bisa meminta alat bantu dengar yang bagus bila memang membutuhkan.

Comment

News Feed