by

Jaga Kesehatan Tak Harus Mahal, Ini Dia Tips Sehat Murah dan Mudah

Kesehatan merupakan modal yang paling berharga untuk manusia. Dengan tubuh yang sehat dan sempurna Anda akan bisa melakukan banyak hal dengan leluasa. Karena itu manusia berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan tubuh yang sehat apalagi jika sudah terkena penyakit tertentu. Sayangnya masih banyak yang menganggap penting tubuh sehat setelah mereka terkena sakit. Padahal dibandingkan dengan mengobati, tubuh yang sehat lebih mudah didapatkan jika manusia memberi pencegahan terhadap masuknya penyakit. Mencegah sakit bahkan bisa dilakukan dengan cara-cara yang mudah dan murah dibandingkan dengan melakukan pengobatan dan perawatan pasca sakit.

Jika Anda ingin menjaga tubuh agar tetap sehat dan tidak terkena penyakit di kemudian hari, mencegah datangnya penyakit perlu dilakukan setiap saat. Apa saja sih cara untuk menjaga tubuh agar senantiasa sehat? Berikut ini tips mudah dan murah untuk mendapatkannya:

  • Hindari stress.

Kondisi emosi atau kejiwaan besar pengaruhnya terhadap kondisi jasmani manusia. Orang dengan tingkat stress tinggi lebih mudah terkena penyakit misalnya darah tinggi, gula dan sebagainya. Selain itu stress juga menstimulasi produksi hormon yang tidak teratur sehingga mengganggu metabolisme.

  • Jangan over work.

Memiliki pekerjaan yang membuat Anda sibuk sepanjang waktu juga bukan cara menjaga tubuh agar sehat. Jangan lupa untuk beristirahat minimal 4 – 6 jam sehari baik secara jasmani maupun rohani. Liburan juga menjadi cara istirahat yang baik sekaligus untuk membuat Anda fresh kembali.

  • Jaga pola makan.

Makan teratur dengan makanan bergizi seimbang merupakan cara menjaga kesehatan yang utama. Seimbangkan asupan nutrisi dengan kegiatan Anda sehingga memiliki cukup tenaga untuk beraktivitas namun juga tidak menumpuk yang menjadikan Anda obesitas. Jangan lupa untuk minum air putih dengan cukup agar suhu tubuh bisa diatur dengan optimal.

  • Olahraga

Tak punya waktu untuk menjadi anggota gym? Tak perlu memaksakan diri karena olahraga tak harus masuk gym. Pastikan tubuh Anda bergerak untuk melatih otot jantung dan otot lainnya misalnya dengan cara jalan kaki, berlari, bersepeda, berenang dan sebagainya. Lakukan secara bertahap dan teratur untuk mendapatkan manfaat dari berolahraga.

  • Pola hidup sehat.

Menjaga pola hidup agar tidak bertentangan dengan prinsip kesehatan juga menjadi cara ampuh mencegah penyakit. Sebagai contoh adalah dengan tidak merokok, tidak minum minuman keras, tidak begadang, tidak merokok, menjauhi narkotika dan setia terhadap pasangan.

  • Menjaga kebersihan.

Bersih pangkal sehat merupakan semboyan yang harus selalu Anda ingat untuk dilakukan. Cuci tangan sebelum makan, cuci tangan sebelum dan setelah ke toilet, mencuci bahan makanan, membersihkan kamar mandi dan rumah serta menjaga kebersihan lingkungan merupakan cara-cara mencegah penyakit terutama penyakit menular atau wabah.

  • Test lab.

Beberapa penyakit diturunkan dari riwayat keluarga. Misalnya kanker, gula, darah tinggi dan penyakit genetik lainnya. Bagi Anda yang beresiko tinggi karena memiliki riwayat keturunan, tak ada salahnya untuk rajin mengecek kondisi tubuh sesuai dengan resiko yang dimiliki agar mengetahui lebih dini apakah ada bibit penyakit tersebut sehingga lebih mudah diobati.

Dengan cara yang mudah dan murah di atas, Anda bisa menjaga kesehatan baik kepada diri sendiri maupun keluarga. Cara-cara mencegah tersebut jauh lebih murah dibandingkan jika Anda sudah terkena suatu penyakit dan harus berurusan dengan rumah sakit. Bukan hanya biaya rumah sakit yang perlu dipikirkan namun terlebih lagi masa recovery yang bisa memakan waktu dan membuat Anda tidak bisa beraktivitas seperti biasa.

Comment

News Feed