Honda City Jenis Hatchback Versus Sedan, Lebih Laku yang Mana?

Otomotif42 views

Beberapa waktu yang lalu, pabrikan Honda memberikan kejutan kepada semua orang dengan menghadirkan mobil terbarunya yaitu Honda City jenis hatchback. Sehingga dengan hadirnya jenis ini, Honda City memiliki 2 jenis mobil yang ditawarkan kepada masyarakat luas. Sebelum masuk ke Indonesia, mobil ini sudah diperkenalkan terlebih dahulu ke negara tetangga seperti Thailand dan juga Malaysia. Dengan bentuk body yang jelas berbeda, manakah yang akan dipilih oleh masyarakat dan apa alasannya? berikut ini ulasan lengkapnya.

Tampilan hatchback lebih sporty

Jika dibandingkan secara bersamaan, maka setiap orang bisa menyimpulkan bahwa tampilan dari jenis hatchback akan lebih sporty dibandingkan dengan yang sedan. Sedangkan sedan terlihat lebih agresif dan futuristik karena memang konsep dari sedan seperti itu. Baik sedan dan juga hatchback dipasang grille dengan memanfaatkan warna gelap seperti hitam yang menghadirkan kilau di bagian depan dan juga belakang. Dari bagian lampu, keduanya juga sudah dilengkapi dengan LED daytime sehingga tetap terang mengemudi di siang atau malam.

Untuk ukuran velg hatchback yang tipe RS lebih besar yaitu 16 inci sedangkan untuk sedan ukurannya hanya 15 inci. Perbedaan ukuran velg tentunya membedakan penampilan antara keduanya dimana hatchback lebih sporty dengan ukuran velg yang besar. Berpindah ke area belakang hatchback terdapat bumper dengan konsep sport dan terdapat lekukan garis dan juga ada body kit untuk melengkapi area belakang yang lebih sporty. Bagian stoplamp juga dibuat sangat menarik dan terlihat dinamis serta sudah menggunakan LED berfungsi untuk menghasilkan sinyal saat melakukan pengereman.

Hatchback lebih kompak

Banyak yang mengatakan bahwa kehadiran City hatchback ini menjadi suksesor dari Honda Jazz yang sudah tidak produksi lagi. Secara dimensi juga, mobil ini juga terlihat lebih kompak dibandingkan dengan jenis sedan. Makanya banyak orang yang ada di kota besar akan tertarik dan berminat dengan mobil keluaran terbaru ini. Dengan body yang tidak terlalu panjang, maka mobil ini sangat cocok untuk jalanan di kota yang terkenal dengan kemacetan.

Harga hatchback lebih murah

Dibandingkan dengan jenis sedan, mobil hatchback ditawarkan jauh lebih murah. Perbedaan harganya juga terpaut cukup jauh hingga 50 juta makanya kemungkinan besar banyak orang akan lebih memilih City hatchback dengan alasan harganya yang lebih murah dan cocok di perkotaan. Apalagi di kota besar terdapat banyak anak-anak muda yang lebih suka mobil hatchback dibanding sedan yang sangat cocok dipakai para pengusaha.

Berdasarkan pembahasan diatas, maka bisa dipastikan bahwa mobil City hatchback akan lebih laris dan laku dibanding sedan. Bukan hanya untuk kondisi baru, tetapi juga banyak orang yang mengincar harga mobil bekas Honda City bekas di aplikasi mobbi. Sebelum bernama mobbi seperti sekarang ini, sebelumnya dikenal dengan mo88i yang sejak dulu sudah menjadi solusi untuk banyak orang dalam mencari mobil second di berbagai daerah dengan mudah.