Faktor Risiko dan Penyebab Gagal Jantung

Kesehatan24 views

Ada banyak sekali penyebab gagal jantung dan juga hal-hal lainnya yang akan berisiko menimbulkan gagal jantung. Dengan kalian mengetahui apa saja penyebab gagal jantung beserta dengan faktor risikonya, maka kalian akan bisa mengantisipasi serta menghindar pada kondisi yang satu ini.

Gagal jantung sendiri merupakan sebuah kondisi ketika jantung kalian itu tidak mampu lagi untuk memompa darah dan juga oksigen ke seluruh organ tubuh yang memang membutuhkan secara efektif. Akibatnya, ada banyak sekali fungsi dari organ tubuh kalian menjadi terganggu. Kondisi yang satu ini sendiri bisa kalian kenali dengan munculnya gejala-gejala gagal jantung seperti di bawah ini:

  • Bengkak-bengkak pada tubuh, contohnya di pergelangan kaki.
  • Sesak napas, terutama ketika sedang melakukan sebuah aktivitas fisik ataupun berbaring.
  • Merasa cepat lelah, terutama setelah kalian berolahraga ataupun melakukan sebuah aktivitas fisik yang tertentu.
  • Jantung yang berdebar cukup cepat.
  • Lebih sering mengalami pipi pada malah hari.
  • Nafsu makan yang tiba-tiba berkurang.
  • Sulit untuk konsentrasi dan juga fokus.
  • Batuk-batuk yang tidak kunjung membaik serta dirasakan seperti memberat pada malam hari.

Apabila kalian merasakan atau mengalami gejala-gejala seperti di atas, ada baiknya kalian segera menemui dokter. Karena memang gejala tersebut bisa juga terjadi akibat adanya penyakit yang lain, diperlukan juga sebuah pemeriksaan dari para dokter agar memastikan apa penyebabnya.

Hal-hal dan Penyebab yang Bisa Meningkatkan Risiko Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan suatu kondisi yang sedang terjadi akibat adanya sebuah penyakit yang cukup kronis sehingga membuat jantung menjadi kaku, lemah, dan juga bekerja terlalu keras dalam jangka waktu yang cukup panjang, ataupun mengalami sebuah kerusakan struktural. Seperti misalnya pada katup mata ataupun otot, penyakit yang bisa menyebabkan gagal gantung jantung sendiri bisa saja berasal dari organ lain maupun jantung. Di bawah ini merupakan beberapa kondisi penyebab gagal jantung.

Hipertensi

Ketika tekanan yang ada di dalam pembuluh darah itu terlalu tinggi, maka jantung harus bisa bekerja lebih keras lagi untuk memompa darah agar nantinya pasokan ke semua bagian organ tubuh itu bisa terpenuhi. Jika tekanan darah tinggi ini tidak segera diobati, maka nantinya otot jantung akan bekerja jauh lebih berat untuk bisa memompa darah. Apabila beban kerja dari jantung itu berlebihan akibat dari ia harus terus memompa darah yang jauh lebih kuat, maka lama kelamaan otot jantung ini bisa berubah menjadi beku sehingga kemampuan dari jantung dalam hal memompa darah itu juga akan terganggu.

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner sendiri merupakan sebuah penyakit yang cukup sering menjadi salah satu penyebab kenapa seseorang sampai bisa mengalami gagal jantung. Penyakit jantung ini sendiri muncul akibat adanya sebuah sumbatan atau plak yang bisa menghambat suatu pembuluh darah jantung, sehingga nantinya aliran darah yang ada pada jantung itu menjadi tidak begitu lancar.

Dan hal ini sendiri bisa mengakibatkan, otot jantung akan bisa rusak akibat dari kekurangan pasokan suatu oksigen. Sehingga nantinya jantung tidak akan bisa lagi untuk memompa darah dengan sangat baik.

Diabetes

Para penderita diabetes ini mempunyai sebuah risiko yang jauh lebih tinggi untuk bisa mengalami gagal jantung. Risiko yang satu ini sendiri nantinya akan bisa menjadi semakin besar jika kadar gula darah dari penderita diabetes tersebut tidak bisa untuk dikontrol atau lebih cenderung tinggi.

Comment