by

Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan THT di Jakarta Barat: Ulasan Seputar Pengobatan dan Pencegahan Sinusitis

Dokter spesialis telinga hidung tenggorokan THT di Jakarta Barat menyebutkan bawah sinusitis cukup sering dialami terutama banyak yang mengalami pilek atau hidung tersumbat dan terus terjadi. Kondisi ini dapat terjadi kepada siapa dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Sinusitis merupakan peradangan maupun pembengkakan yang terjadi pada jaringan sinus, sinus merupakan suatu rongga dengan udara pada bagian belakang tulang wajah yang memiliki membran mukosa dan menjadi penghasil lendir. Lendir tersebut menjadi penjaga saluran untuk tetap lembab dan lendir ini akan menahan kotoran maupun kuman yang masuk dalam saluran sehingga tidak dapat masuk kedalam.

Kondisi yang dapat menyebabkan sinus seperti pilek, kelainan pada tulang rongga hidung maupun terjadi pergeseran, rhinitis, dan tumbuhnya polip. Gejala sinus berlangsung selama 4 hingga 12 minggu dan jika tidak akut dapat disembuhkan di rumah. Gejala yang dapat terjadi adalah lendir hidung memiliki warna kuning maupun hijau, hidung menjadi mampet, batuk, wajah terasa tertekan dan nyeri, dapat juga mengalami kelelahan, sakit gigi maupun bau mulut. Gejala sinusitis jika berada dalam posisi yang kronis adalah berlangsung lebih dari 12 minggu dengan demam, hidung keluar lendir dan merasakan sakit kepala.

Berikut adalah pengobatan alami sinusitis:

  • Essential Oil dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan sakit kepala, dengan mencampur semua minyak dan mengambilnya dalam satu hingga dua tetes jari lalu mengusapnya pada leher dan menghirup uap dari campuran minyak lavender, lemon dan ekaliptus.
  • Apple Cider Vinegar dapat membersihkan lendir pada bagian dalam dan meminimalisir terjadinya gejala alergi, dengan menggunakan air hangat lalu meminumnya setidaknya dua kali dalam sehari.
  • Air jahe dapat berguna sebagai anti peradangan yang mengurangi pembengkakan pada bagian hidung sekaligus menjadi anti mikroba sehingga akan membersihkan infeksi, dengan cara memasukkan jahe dalam air dan merebus, lalu menggunakan pemanis alami dan dapat dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari.

Selain itu, teh hijau baik untuk antioksidan dan menjadi kekuatan supaya cepat sembuh dengan cara meminum teh hijau dengan menggunakan tambahan lemon dan madu. Dapat juga menggunakan ekstrak jeruk bali dan air panas akan menyembuhkan infeksi karena memiliki anti bakteri dan dikonsumsi selama 2 kali dalam sehari. Madu memiliki anti mikroba dapat menangkal bakteri dengan mencampurnya jus lemon sehingga akan memberikan prevent sinus dua kali sehari. Penguapan juga diperlukan dengan seminggu dua kali untuk meredakan sakit kepala dan mengarahkannya terutama pada bagian wajah, dengan menutup kepala dan handuk pada baskom yang memiliki air panas didalamnya dengan essential oil.

Berikut adalah cara mencegah sinusitis:

  • Rajin mencuci tangan merupakan cara terhindar dari bakteri dan penyebaran kuman maupun virus dalam tubuh terutama mengurangi gangguan pernapasan.
  • Mengonsumsi air putih yang cukup akan menjaga kondisi selaput lendir lembab dan tipism jika terdehidrasi maka akan mudah terinfeksi virus seperti flu.
  • Memiliki vaksin flu tahunan untuk usia 6 hingga 18 tahun, orang dewasa diatas 65 tahun dan orang dewasa dengan resiko tinggi.

Dokter spesialis telinga hidung tenggorokan THT di Jakarta Barat menyarankan untuk menghindari stress karena dengan stres penyebab sistem imun melemah. Konsumsi makan bergizi untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima dan membuat makanan yang berwarna gelap lebih kaya akan antioksidan. Hindari juga allergen dari lingkungan sekitar yang menyebabkan flu seperti asap rokok, pipa asap dan jika terkena maka segera cuci tangan.

Comment

News Feed