by

Cara Membersihkan Handphone untuk Mencegah Corona

Karena virus corona belum ditemukan obatnya sampai sekarang ini, maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan cara menghindari penyebarannya agar tidak sampai tertular virus ini. Oleh karena itulah Anda bisa melakukan berbagai upaya untuk dapat menghentikan penyebaran virus ini yang dapat dilakukan dengan berbagai cara yang bisa lebih lengkap ada di website Halodoc. Dimana salah satunya adalah dengan membersihkan barang atau benda yang sering Anda pegang seperti handphone. Barang elektronik seperti handphone juga dapat menjadi salah satu barang yang dapat untuk membuat penyebaran covid-19 sehingga akan lebih baik untuk membersihkannya dengan rutin. Ketika membersihkan handphone juga mempunyai beberapa tatacara yang tepat sehingga dapat untuk membunuh kuman. Misalnya saja beberapa cara yang dapat digunakan adalah sebagai berikut ini:

  • Matikan handphone terlebih dahulu

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mematikan handphone terlebih dahulu. Membersihkan handphone harus di semua bagian sehingga akan lebih baik untuk mematikan handphone karena apabila handphone dalam keadaan hidup maka akan lebih menyusahkan untuk membersihkannya. Selain itu ketika membersihkan dalam keadaan mati menjaganya tidak rusak. Oleh karena itulah langkah pertama ketika akan membersihkan handphone ataupun alat elektronik lainnya adalah dengan mematikannya terlebih dahulu.

  • Memilih cairan pembersih yang tepat

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika akan membersihkan handphone adalah dengan memilih cairan pembersih yang tepat. Ada banyak sekali cairan yang bisa digunakan karena takut smartphone menjadi salah satu sarang virus yang bisa menyebabkan corona. Akan tetapi ketika membersihkan alat elektronik ini sendiri tidak perlu berlebihan. Anda tidak perlu untuk menggunakan alkohol, disinfektan, ataupun cairan yang mempunyai kandungan tertentu. Hal tersebut justru tidak baik karena akan dapat merusak layar ponsel Anda. Oleh karena itulah Anda harus memilih cairan yang tepat untuk dapat membersihkan handphone yaitu cairan yang aman untuk layar dan juga bagian handphone Anda seperti misalnya membersihkannya dengan sabun dan sedikit air.

  • Menggunakan kain mikrofiber

Hal selanjutnya yang dapat diperhatikan adalah dengan tidak membuat handphone Anda basah. Ketika akan membersihkan handphone tidak perlu untuk mencucinya dengan air hingga bersih karena justru akan membuat handphone rusak. Anda hanya perlu untuk menggunakan sedikit air saja yang dapat untuk membasahi handphone tetap tidak membuatnya rusak. Air tersebut cukup untuk membersihkan handphone dari virus dan kuman yang menempel pada handphone tersebut. Ketika membersihkannya juga bisa menggunakan kain mikrofiber yang akan ampuh untuk membersihkan handphone yang sebelumnya dibasahi dengan sedikit air dan sabun.

  • Menggunakan perangkat UV

Langkah terakhir untuk dapat membersihkan handphone dengan tepat adalah dengan menggunakan perangkat UV. Anda bisa membersihkan handphone dan juga perangkat elektronik lainnya dengan perangkat sanitasi UV yang akan dapat memancarkan sinar UV-C ke handphone yang Anda miliki. Cara ini sendiri akan efektif untuk dapat membunuh kuman yang ada sehingga dapat membuat handphone Anda lebih bersih dan aman untuk dipegang.

Empat tahap di atas merupakan cara yang digunakan untuk dapat membersihkan handphone Anda dari virus corona. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah ketika akan membersihkan handphone dan juga benda lainnya di rumah Anda maka perlu untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Pastikan tangan Anda juga telah bersih sebelum membersihkan handphone, menggunakan cairan disinfektan, dan juga membersihkan rumah secara umum agar dapat menghindari penyebaran covid-19.

Comment

News Feed