by

Beli Obat: Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Obat di Apotek

Sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengetahui bahwa beli obat di apotek terkadang memang tidak bisa dilayani apabila tidak menggunakan resep dokter. Ada banyak kasus atau kejadian yang menimpa seseorang dengan membeli obat sembarangan di suatu apotek namun ternyata dosis tidak cocok dan kelebihan dosis yang berujung pada keracunan obat atau yang paling fatal yaitu bisa terjadi kematian.

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia memang kurang jelas serta mengetahui bahwa apotek yang sebenarnya bukanlah tempat untuk membeli obat. Padahal yang sebenarnya apotek adalah tempat dimana dilakukannya pekerjaan kefarmasian seorang apoteker. Oleh karena itu, apabila Anda datang ke apotek dan mendapati bahwa di apotek tersebut tidak memiliki apoteker maka alangkah lebih baik apabila Anda mencari apotek lain yang memiliki apoteker.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli obat di apotek:

  1. Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah jangan lupa untuk membawa resep dokter yang diberikan saat Anda sedang periksa ke rumah sakit atau klinik. Dengan begitu Anda akan mendapatkan obat yang aman sesuai dengan petunjuk dokter.
  2. Selanjutnya yaitu perhatikan apakah apotek yang Anda datangi tersebut memiliki apoteker. Dan biasanya apotek yang memiliki apoteker akan mencantumkan nama apotekernya. Jika membeli obat di apotek yang memiliki apoteker Anda akan merasa lebih aman dan percaya.
  3. Terakhir yaitu, apabila terpaksa Anda tidak memiliki resep dokter untuk rekomendasi obat apa yang diberikan untuk menyembuhkan penyakit yang Anda derita. Anda bisa datang ke apotek dan bertanya sejelas-jelasnya kepada orang yang jaga di apotek mengenai obat yang cocok untuk penyakit yang Anda derita. Tanyakan efek samping serta dosis dari obat tersebut.

Bagi orang yang tidak tahu, mungkin akan merasa bahwa membeli obat di apotek akan lebih aman dan terpercaya. Namun dibalik itu semua Anda juga perlu tahu bahwa tidak semua apotek memiliki apoteker yang memang bisa dipercaya untuk memberikan obat yang sesuai dengan penyakit yang Anda derita. Oleh karena itu, mulai sekarang Anda harus bisa lebih berhati-hati dalam membeli obat di apotek dan memilih apotek yang memang sudah terpercaya dengan apoteker yang sudah berpengalaman.

Sampai dengan saat ini, karena perkembangan teknologi serta informasi yang semakin maju. Hal tersebut ternyata saat ini juga memiliki dampak yang bagus pada bidang kesehatan. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini segala sesuatu sudah dapat Anda lakukan dengan online. Salah satunya yaitu dengan konsultasi dokter secara online. Tidak hanya itu saja, karena saat ini Anda sudah bisa melakukan penebusan obat secara online. Layanan seperti ini memang dipercaya dapat mempermudah pasien tanpa harus repot-repot datang ke apotek untuk menebus obat tersebut. Namun dibalik kemudahan tersebut sudah pasti ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan untuk menghindarkan Anda dari obat-obatan palsu.

Layanan beli obat yang saat ini sudah bisa Anda lakukan secara online tersebut memang akan membantu Anda untuk menghemat waktu Anda. Tidak perlu datang ke apotek Anda tinggal duduk manis di rumah obat sudah ada yang mengantarkan. Namun penting dan wajib Anda perhatikan yaitu pilihlah layanan atau jasa penyedia obat online yang sudah terpercaya dan aman seperti contohnya yaitu apotekmart, medical store, apotek antar dan obat24.

Comment

News Feed