by

Beberapa Jenis Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil Muda

Kehamilan memiliki larangan kandungan makanan yang dilarang untuk ibu hamil 1 bulan mendapat perhatian ekstra karena keguguran rentan terjadi.

Pada trimester awal, mengutip Anmum, bayi secara fisik tumbuh di dalam rahim dan pada akhir trimester ini, sebagian besar organ janin sudah terbentuk, namun bayi masih begitu lemah dan belum memiliki sistem kekebalan sendiri, sehingga ibu hamil berhati-hati.

Perkembangan janin yang sehat sejalan dengan kebiasaan hidup yang baik, seperti olahraga secara teratur, terhidrasi, dan mengonsumsi makanan yang benar. Namun memilih makanan saat hamil memang menjadi hal yang sulit bagi ibu yang mengalami morning sickness.

1. Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol, berapapun kadarnya, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat kehamilan. Mengonsumsi minuman beralkohol saat hamil dapat meningkatkan risiko gangguan tumbuh kembang janin, kelahiran prematur dan gangguan pada sistem pendengaran dan penglihatan si Kecil kelak.

2. Produk Olahan Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Makanan yang tidak boleh untuk Ibu hamil adalah konsumsi keju jenis blue cheese atau keju dengan lapisan kulit putih, kecuali produk keju tersebut berlabel telah dimasak atau dipasteurisasi. Ini karena keju jenis blue cheese atau keju dengan lapisan putih terbuat dari susu yang belum dipasteurisasi atau melalui proses pemanasan, sehingga dapat mengandung bakteri liseria yang bisa menyebabkan masalah infeksi serius.

Meski begitu, Mama tetap dapat mengonsumsi produk olahan susu lain seperti keju mozarella dan cottage, juga keju padat seperti cheddar dan Parmesan. Meski ketiganya terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi, keju tersebut tidak mengandung bakteri karena kandungan asam yang tinggi dan air yang rendah di dalamnya.

3. Beberapa Jenis seafood

Meski seafood merupakan sumber protein dan asam lemak esensial seperti omega 3 yang sangat baik untuk pertumbuhan otak dan mata si Kecil, ada beberapa jenis seafood yang perlu Mama hindari akibat kandungan tinggi merkuri di dalamnya. Kandungan merkuri dapat mengganggu perkembangan sistem saraf si Kecil. Jadi, makanan dilarang ketika hamil, di antaranya adalah ikan marlin, todak, hiu, tuna mata besar (bigeye tuna) dan tenggiri raja (king mackerel).

Mama juga sebaiknya tidak mengonsumsi ikan tuna secara berlebihan karena ikan tuna juga mengandung merkuri. Selain itu, batasi konsumsi untuk jenis ikan berminyak seperti salmon, sarden dan makarel, karena ikan tersebut juga bisa mengandung polutan.

4. Daging Sapi, Unggas dan Ikan Mentah atau Tidak Dimasak Matang

Saat hamil, Mama lebih berisiko mengalami gangguan pencernaan karena sistem imun tubuh yang sedang berubah. Karena itu, pastikan Mama mengonsumsi daging yang sudah dimasak sempurna, baik itu daging ayam, ikan, maupun daging beku dan spread (selai) daging. Daging yang belum dimasak sempurna merupakan salh satu jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Hindari konsumsi sushi juga.

5. Telur Mentah

Makanan yang tidak boleh untuk Ibu hamil adalah telur mentah atau telur setengah matang mengandung bakteri salmonella, yang bisa membuat Mama keracunan makanan. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Mama sudah memasak telur (baik bagian putih maupun kuning telur) dengan sempurna. Hindari pula konsumsi produk makanan dengan kandungan telur mentah seperti mayones, es krim dan tiramisu.

Comment

News Feed