Apa Saja Ciri-ciri dari Mobil Bekas yang Layak Beli? Ini Daftarnya

Otomotif61 views

Bagi orang-orang yang belum bisa beli mobil baru tentunya tidak perlu khawatir karena ada alternatif yang bisa dipilih yaitu memanfaatkan tersedianya mobil bekas. Ada banyak sekali jumlah mobil second yang ada sekarang yang dijual dengan harga bervariasi, ada yang murah dan ada juga yang agak mahal tergantung kondisinya. Bahkan tidak sedikit orang bisa membeli kendaraan bekas dengan harga yang murah dan kondisinya masih sangat bagus. Hal itu bisa diperoleh tentunya dengan proses pengecekan yang teliti dan perbandingan dengan beberapa unit kendaraan yang lain hingga bisa mendapatkan satu yang terbaik. Untuk mempermudah proses pembelian mobil bekas dari orang lain atau dealer, maka perlu tahu dulu ciri-ciri dari kendaraan roda empat second yang layak dibeli, apa saja?

Mudah distarter

Setiap orang yang ingin menyalakan mobil tentu yang harus dilakukan pertama kali adalah menekan tombol starter. Dari sini, calon pembeli sudah bisa menilai kondisi secara langsung apakah layak dibeli atau tidak. Cara menilainya juga mudah, cukup tekan starter dan perhatikan apakah mobil langsung menyala atau tidak. Jika langsung menyala hanya dengan satu kali starter maka bisa dipastikan kondisinya masih bagus. Tetapi jika setelah ditekan tombol berkali-kali belum bisa menyala juga maka menandakan ada masalah pada beberapa komponen.

Suara halus minim getaran

Setelah mobil berhasil menyala, selanjutnya cek dengan lebih teliti mengenai suara mesin dan getaran yang terjadi. Jika suaranya halus dan tidak ada kasar sedikitpun maka mesin sudah pasti terawat dengan baik, tapi jika suaranya terdengar kasar dengan keras maka jarang dirawat pemiliknya. Selain suara, perhatikan juga getaran yang terjadi di area mesin. Jika getarannya masih dalam tahap normal maka kondisi mesin masih bagus tetapi jika terjadi getaran yang berlebihan maka perlu dicek segera.

Tidak ada yang bocor atau rembes

Ciri lain yang menandakan mobil bekas layak dibeli yaitu tidak adanya kebocoran yang terjadi baik di mesin maupun di area lainnya. Cek bagian sekitaran mesin apakah ada kebocoran atau oli yang menetes ke jalan, jika terhadi hal itu tentunya harus segera melakukan perbaikan. Jika tidak, maka lama-lama oli akan habis dan membuat mobil tidak bisa bekerja alias mogok di jalan. Selain cairan oli, perhatikan juga apakah AC pendingin juga mengalami kebocoran atau tidak karena akan berpengaruh terhadap kenyamanan penumpang.

Selain ketiga diatas, sebenarnya masih ada banyak ciri yang wajib diketahui saat tertarik dengan mobil bekas. Jika tidak ingin repot mengecek semua komponen, maka platform mobbi menyediakan solusi untuk semua orang. Baik para pembeli maupun penjual bisa bertransaksi di aplikasi mobbi yang dulunya mo88i dengan mudah tanpa adanya kendala sedikitpun. Ditambah mobbi juga menjadi platform jual beli mobil bekas online yang banyak kelebihannya, salah satunya sudah pasti aman untuk semua.