by

5 Alasan Kenapa Logo Perusahaan Mesti Didesain Ulang

-Bisnis-119 views

Dalam suatu bisnis, perkembangan selalu ada dan bersifat keniscayaan. Saat mengalami perkembangan, maka hampir pasti terjadi perombakan di dalamnya. Baik dari struktur organisasi, sistem kerja, bahkan sampai logo perusahaan itu sendiri. Mengapa logo harus didesain ulang? Inilah alasan yang paling tepat dan inspiratif.

  1. Terjadi Perkembangan dalam Bisnis

Logo itu bukan sekadar nama. Bukan pula sekadar vektor dan tumpukan warna. Biasanya, perombakan pada logo terjadi pada konsep desainnya dan tidak sampai menyentuh nama. Sebab, ketika mengubah nama, berarti mengubah alur bisnis secara keseluruhan. Perubahan logo yang terjadi sangat mungkin disebabkan oleh perkembangan dalam perusahaan.

Perusahaan yang mengalami perkembangan signifikan pasti menginginkan logo dengan desain lebih ciamik dan evergreen dari sebelumnya. Istilahnya naik level demi kenyamanan para pelanggan dan kolega saat mengenalinya. Bahkan tak jarang dalam kurun satu tahun saja, bisa terjadi perombakan lebih dari sekali.

  1. Terjadi Perubahan Visi dan Misi Perusahaan

Desain logo sangat berkaitan dengan visi-misi perusahaan. Sebab, logo tidak dibuat secara cepat, tapi secara tepat sesuai dengan filosofi perusahaan. Mulai dari warna, garis, jenis huruf, serta peletakan elemen lain mesti diperhatikan. Hal-hal itu pula yang mendasari suatu desain logo yang digubah dari versi sebelumnya menjadi versi lebih baru.

Perubahan logo tersebut dimaksudkan agar citra perusahaan ikut naik. Bisa jadi sebaliknya. Kebutuhan akan visi-misi tersebut bertujuan agar perusahaan memiliki arah bisnis yang lebih eksplisit. Jadi, saat datang investor untuk menggelar dana mereka di perusahaan Anda, mereka jadi paham arah bisnis mau dibawa  ke mana. Ini penting sekali.

  1. Untuk Beradaptasi dengan Tren

Masing-masing zaman memiliki tren yang berbeda. Ini berkaitan erat dengan revolusi industri yang terjadi secara global. Kalau desain logo perusahaan yang terpampang masih sama dengan belasan tahun sebelumnya, pasti terkesan kuno atau jadul. Butuh penyegaran agar terlihat baru dan lebih efisien di mata pelanggan.

Akan tetapi, bukan tren sesaat yang dimaksud. Namun lebih tepatnya tren yang mempengaruhi perubahan secara global atau mendunia. Tidak seperti tren yang ada pada dunia fashion. Sebab setiap tahunnya selalu berganti. Di era internet seperti sekarang, perubahan tren tersebut sangat mudah dijangkau.

  1. Karena Dua atau Lebih Perusahaan Tergabung Jadi Satu

Penggabungan dua atau lebih perusahaan sangat mungkin menyebabkan terjadinya perubahan pada logo. Istilah kerennya “merger”. Biarpun perusahaan-perusahaan tersebut memiliki jenis usaha yang sama, tetap perlu rebranding. Penyegaran mutlak ada demi memberikan pemahaman lebih mendalam untuk para investor, klien, serta kompetitor.

Ketika dua atau lebih perusahaan bergabung, perlu adanya satu tali penghubung di antara mereka. Nah, tali tersebut bisa diwujudkan dalam bentuk logo untuk perusahaan “grup”. Dengan satu logo, maka berarti satu visi-misi juga. Penggabungan beberapa perusahaan bertujuan untuk memperluas daya jangkau bisnis ke masyarakat di Tanah Air.

  1. Terkesan Mirip Logo Milik Perusahaan Lain

Keunikan sebuah logo selalu diburu oleh perusahaan mana pun. Jadi, saat terkesan mirip dengan punya perusahaan lain, maka dalam waktu dekat pasti akan didesain ulang. Sebab, logo yang mirip bisa melahirkan somasi yang tidak menyenangkan bagi tergugat. Niatnya bisnis, eh sudah kena tegur. Tiada kata lain selain harus mendesain ulang logonya.

Sudahkah mendesain logo perusahaan Anda? Jika belum perlu, sebaiknya tahan dulu. Toh, banyak kok yang belum ganti desain juga. Khususnya yang belum mengalami fase-fase di atas. Sebab, untuk bikin logo yang unik dan berpotensi terkenal itu biayanya cukup mahal. Bisa lebih dari 10 juta Rupiah untuk kelas perusahaan elite.

Comment

News Feed